Cari Blog Ini

Memuat...

Manfaat Penghijauan

Seringkali kita mendengar tentang gerakan penghijauan untuk menyelamatkan lingkungan serta bumi yang semakin hari semakin tambah panas saja . Dari dahulu, gerakan ini sudah digalakkan,dari gerakan satu juta pohon yang sudah di canangkan oleh pemerintah Indonesia ini dan dari berbagai elemen swadaya masyarakat yang ada di sabang sampai merauke,tapi sepertinya masih belum cukup optimal,kita juga tidak tahu kenapa sampai sekarang gerakan penghijauan tersebut belum optimal.Bisa kita lihat hutan yang ada di Indonesia ini adalah salah satu hutan terbesar di dunia,tapi masih ada juga yang tidak tahu manfaat akan hutan itu,masih banyaknya penebangan liar dan pembalakan yang di lakukan cukong-cukong se akan membuat usaha pemerintah untuk menghijaukan Indonesia ini se akan percuma juga.

Sekarang apa yang perlu kita pikirkan adalah bagaimana caranya mengoptimalkan penghijauan tersebut,ga usah deh sekarang kita mikir itu” kan urusan pemerintah”? nah kalau kita mikir demikian berarti kita juga tidak secara langsung mendukung program gerakan penghijaun yang di lakukan pemerintah Indonesia dong!! Apalagi pemerintah juga sudah mengeluarkan anggaran yang cukup besar untuk progaram penghijauan tersebut. Penghijauan itu sendiri apa sih??? PENGHIJAUAN adalah salah satu kegiatan atau gerakan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual,semagat dalam menangani krisis lingkungan yang ada di negri ini bahkan di seluruh dunia. Begitu pentingnya sehingga penghijauan sudah merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.Kita juga sering mendengar gerakan satu juta pohon,tetapi banyak orang yang tidak memperpedulikan gerakan tersebut,padahal kalau kita lihat dari segi dan aspek manapun,gerakan menanam pohon adalah suatu gerakan penyelamatan dunia,dari faktor udara maupun dari faktor lingkungan,pohon dapat membantu untuk menstabilkan gas-gas beracun yang ada di lingkungan kita.

Manfaat penghijauan juga banyak kok,di alam terjadi proses hubungan timbal balik, saling ketergantungan antar komponen. Apa yang dibuang akan menjadi bahan baku bagi yang lain, sehingga tidak ada komponen yang hilang dengan percuma. Selain itu, di alam tidak ada yang gratis, oleh sebab itu semua dinamika komponen pendukungnya berpengaruh pada lingkungan, termasuk hasil perbuatan manusia. Oleh sebab itu jika kita ingin memperoleh lingkungan yang berkualitas baik, maka kita juga harus memperlakukan lingkungan dengan baik. Salah satu cara adalah dengan dengan peduli terhadap keberadaan pohon. Kepada masyarakat perlu disosialisasikan manfaat keberadaan pohon bagi kelangsungan hidup manusia, menurut sumber dari pihak Depertemen Kehutanan:

Menahan laju air sehingga akan lebih banyak air yang terserap ke dalam tanah. Menurut penelitian, tegakan hutan yang berdaun jarum mampu membuat 60% air hujan terserap tanah, bahkan tegakan hutan yang berdaun lebar mampu membuat 80% air hujan terserap tanah. Dengan kemampuan ini akan meningkatkan cadangan air tanah.

Category: 0 komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar